Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Tanpa Servis

DROIDNEXT | Smartphone Android merupakan teknologi buatan manusia yang berfungsi untuk berkomunikasi atau bersosial antara satu sama lain. Smartphone Android merupakan barang yang mana barang tersebut dapat rusak. Salah yang biasanya terjadi kerusakan pada smartphone Android adalah bagian charger. Silakan dibaca hingga selesai penjelasan di bawah ini tentang Penyebab dan Cara mengatasi Carger Rusak di Semua HP Android.
Admin
DROIDNEXT | Smartphone Android merupakan teknologi buatan manusia yang berfungsi untuk berkomunikasi atau bersosial antara satu sama lain. Smartphone Android merupakan barang yang mana barang tersebut dapat rusak. Salah yang biasanya terjadi kerusakan pada smartphone Android adalah bagian charger. Silakan dibaca hingga selesai penjelasan di bawah ini tentang Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Tanpa Servis.

Mengapa HP Tidak Bisa Di-charge?

Baterai merupakan sumber energi terpenting bagi smartphone atau HP, tanpa komponen ini penggunanya hanya melihat sebuah kotak dengan layar tanpa adanya fungsi. Untuk itu, sangatlah penting dalam merawat baterai. Untuk itu, saya akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa HP tidak bisa di-charge sama sekali.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Cas

Cek Sumber Daya Listrik

Usahakan cek terlebih dahulu sumber daya listrik sudah sesuai dengan kapasitas baterai anda atau tidak. Jika daya lebih rendah maka smartphone susah untuk di charge dan waspada ponsel akan cepat rusak. Hal ini sering kali terdapat di tempat umum ataupun colokan USB melalui PC.

Cek Kabel dan Adaptor Charger

Selain itu cek juga adaptor charger, hal ini bisa anda lakukan dengan mencoba charge lainnya kalau anda memilikinya, atau juga pinjam teman anda untuk ngecek kabel atau adaptor yang rusak.

Cek Port USB Smartphone

Keruskaan tidak hanya di kabel charger saja, tapi juga bisa terjadi pada port USB yang berada di smartphone. Memang port USB smartphone rentan akan kotoran atau debu yang masuk. Oleh karena itu butuh perawatan khusus untuk membersihkan port tersebut. Caranya cukup mudah dengan meniup-niup atau bisa menggunakan selembar tisu halus untuk bersihkan port USB

Smartphone Terlalu Lama Di-charge

Biasanya waktu charge yang ideal untuk smartphone berkisar dari 1 – 3 jam dan apabila mendukung fast charge maka daya baterai akan terisi dengan cepat. Meskipun smartphone masa kini memiliki teknologi yang bisa memutuskan arus listrik ketika daya baterai terisi penuh, namun terkadang fitur ini tidak bekerja dengan baik. Apalagi Anda melakukan charge lama sehingga berpotensi merusak baterai.

Charge Menggunakan Bukan Adapter Bawaan

Biasanya pengguna smartphone suka menghubungkan smartphone dengan perangkat lain, seperti laptop maupun komputer untuk mengisi daya baterai. Namun hal ini bisa jadi dapat merusak komponen listrik untuk mengisi daya baterai sehingga menyebabkan smartphone tidak dapat di-charge lagi.

HP Ter Root

Rooting biasanya dilakukan pada smartphone Android untuk memodifikasi file sistem operasi, baik secara manual maupun otomatis melalui aplikasi. Biasanya sistem yang termodifikasi oleh prosesor rooting ini kadang-kadang akan membuat file konfigurasi data pengaturan charge menjadi rusak sehinga HP tidak dapat di-charge.

Baterai Terus Menerus Kosong

Biasanya terkadang kita lalai dalam mengisi daya baterai dan membiarkannya secara terus-menerus memasuki kondisi 0, kemudian baru mengisinya. Hal ini dapat membuat HP menyebabkan baterai menjadi rusak. Sebaiknya Anda mengisi daya baterai ketika smartphone sudah memperingkatkan, baik kondisi 15% maupun 20%.

HP Sudah di Custom ROM

Custom ROM sendri merupakan firmware atau sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki fitur, tampilan antarmuka, dan fungsi yang telah disesuaikan oleh pembuatnya. Biasanya custom ROM masih memiliki banyak karena drum tersebut hasil pengembangan dari developer secara tidak resmi. Bisa saja mereka para developer membagikan room masih belum sempurna sehingga akan mengakibatkan fisik bagian port USB menjadi rusak.

Terlalu Sering Melakukan Charge

Terlalu sering anda menggunakan HP maka terlalu sering anda ada charger HP anda Jogja. Secara otomatis HP anda sering bekerja keras yang mengakibatkan kan an kualitas HP menjadi lemah. Salah satunya adalah port USB baterai akan menjadi kendor sehingga Anda tidak dapat melakukan carger lagi.

Terlalu Sering Charge Sambil Telpon dan Main Game

Biasanya ketika kita sedang melakukan charge atau mengisi daya baterai, smartphone juga digunakan untuk telepon pengguna lain atau bermain game. Hal ini menyebabkan persentase baterai susah naik. Hal ini juga dikarenakan dipakai untuk pekerjaan berat sehingga dapat menyebabkan smartphone kepanasan karena lama di-charge. Selain itu, dapat menyebabkan baterai cepat rusak

Rate This Article

Thanks for reading: Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Tanpa Servis, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

Post a Comment

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas. Kritik dan saran yang positif dari Anda adalah kebanggaan Saya.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.