Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux

DROIDNEXT | Aplikasi Terminal Emulator di PC linux atau Command Prompt dan CMD seperti di windows fungsinya sama persis dengan Terminal Emulator di Android yaitu Termux. Tidak hanya versi PC saja yang memiliki hal tersebut. Android juga memiliki Emulator. Sudah tahu apa itu Terminal Emulator beserta fungsinya?
Admin
DROIDNEXT | Aplikasi Terminal Emulator di PC linux atau Command Prompt dan CMD seperti di windows fungsinya sama persis dengan Terminal Emulator di Android yaitu Termux. Tidak hanya versi PC saja yang memiliki hal tersebut. Android juga memiliki Emulator. Sudah tahu apa itu Terminal Emulator beserta fungsinya?

Termux adalah emulator terminal untuk Android dan aplikasi seputar Linux yang bekerja secara langsung tanpa rooting atau pengaturan yang diperlukan. Sistem basis minimal diinstal secara otomatis serta paket tambahan tersedia menggunakan manajer paket APT.

TERMUX juga menyediakan package manager (APT) untuk memudahkan Anda dalam mencari dan mendownloadnya hingga menginstall package yang diperlukan dari software yang TERMUX sediakan.

Aman. server menggunakan klien ssh dari OpenSSH. Termux menggabungkan paket standar dengan emulasi terminal dalam solusi open source yang sempurna.

Kemasan Fitur. Pilihlah antara Bash, fish atau Zsh dan nano, Emacs atau Vim. Grep melalui kotak masuk SMS Anda. Akses titik akhir API dengan curl dan gunakan rsync untuk menyimpan cadangan daftar kontak Anda di server jauh.

Dapat disesuaikan untuk menginstal apa saja yang Anda inginkan melalui sistem manajemen paket APT yang dikenal dari Debian dan Ubuntu GNU / Linux. Mengapa tidak mulai dengan menginstal Git dan menyinkronkan dotfile Anda?

Explorable. Paket yang tersedia di Termux sama dengan yang ada di Windows, Mac dan Linux untuk instal halaman manual di ponsel Anda dan bacalah dalam satu sesi sambil bereksperimen dengan mereka di yang lain.

Termasuk baterai. Dapatkah Anda bayangkan kalkulator saku yang lebih kuat namun elegan daripada konsol Python bertenaga readline?. Semua versi terbaru dari Perl, Python, Ruby dan Node.js.

Siap untuk ditingkatkan. Gunakan keyboard dan mouse untuk berkesplorasi di terminal emulator untuk mengembangkan diri. Termux mendukung pintasan keyboard dan memiliki dukungan mouse penuh.


Tinkerable. Kembangkan dengan mengkompilasi file C dengan Dentang dan membangun proyek Anda sendiri dengan CMake dan pkg-config. Baik GDB dan strace tersedia jika Anda macet dan perlu melakukan debug.

Yang membedakan TERMUX dari terminal emulator lain adalah termux telah mengatur sedemikan rupa hingga environment pada termux sama seperti environment linux standar debian.

Hal ini Termux dapat digunakan layaknya di Linux PC yaitu mendownload, menginstall hingga mengelolah data yang ada.

Penjelasan dari Terminal emulator yaitu sebuah aplikasi yang menyediakan interface berbasis text (CLI) untuk mengakses shell

perbedaan yang sangat mendasar antara linux umum dan android diantaranya:

  • Tidak adanya folder umum seperti /bin, /etc, /usr, /tmp and /var.
  • Sturktur directory untuk di android tidak mengikuti aturan standar struktur directory linux pada umumnya.
  • Misalnya pada linux umum file binari ada di /bin sedangkan di android /system/bin
  • Pada linux standar/umum folder ($HOME) dibuat untuk setiap user di /home/namauser (multi user),sedangkan di android folder ($HOME) berada di sub directory dari aplikasi tersebut,jadi tiap aplikasi punya folder ($HOME) sendiri-sendiri.
  • Hindari penyimpanan data penting di folder ($HOME) saat menggunakan TERMUX. Folder akan terhapus jika TERMUX diuninstall.
  • TERMUX menginstall package di directory berdasar definisi $PREFIX environment variable (contoh: binaries berada di $PREFIX/bin,dan file konfigurasi $PREFIX/etc).
  • Untuk melihat isi variable $PREFIX kamu bisa mengetikan echo $PREFIX di terminal TERMUX mu.
  • Shared libraries diinstall di $ PREFIX / lib, yang telah didefinisikan di variable $ LD_LIBRARY_PATH.


Ini mungkin berbenturan dengan binari sistem Android di / system / bin, yang dapat memaksa LD_LIBRARY_PATH untuk dihapus sebelum menjalankan binari sistem.
Selain file sistem android berbeda dengan linux pada umumnya,TERMUX dijalankan oleh user tunggal tanpa akses root (Setiap aplikasi android dijalankan oleh user sendiri),sehingga menjalankan perintah linux di TERMUX tidak akan mempengaruhi aplikasi lain.

Fungsi TERMUX

Termux berfungsi untuk mengakses shell linux di HP android. Termux juga meng emulate debian linux environment sehingga seperti sedang menggunakan shell linux debian di PC saat Anda menggunakan termux.

Termux dapat digunakan untuk semua hal. Tergantung kepada pengguna namun harus dibuat sebuah program terdahulu sesuai kebutuhan Anda dan kemudian Anda perintahkan program itu sendiri.

Package Manager Bahasa Pemrogramman

Beberapa bahasa pemrograman mempunyai package manager sendiri. Termasuk Termud juga memiliki bahasa pemrograman sendiri. Jadi Anda perlu menginstall nya secara manual jika ingin menggunakan. Berikut bahasa pemrograman yang dimiliki oleh Termux.
  • Node.js Package Management (npm)
  • Perl Package Management (cpan)
  • Python Package Management (pip)
  • Ruby Package Management (gem)
  • TeX Live Package Management (tlmgr)


Daftar Kode Perintah Termux Dasar

Berikut adalah kode perintah dasar termux yang wajib kamu kuasai saat belajar menggunakan termux,kode perintah ini sangat berguna karena kode termux ini sering digunakan untuk menginstall,mengelola aplikasi ,file dan folder,jika kamu serius belajar hacking kamu harus membiasakan menggunakan kode perintah termux dibawah ini :

  1. pkg help - berfungsi untuk mengetahui opsi yang disediakan TERMUX pkg package manager
  2. pkg search -
  3. untuk Mencari packages berdasar nama.
  4. pkg install -
  5. untuk menginstall packages.
  6. pkg uninstall -untuk menghapus packages.
  7. pkg reinstall -untuk mereinstall packages
  8. pkg show -untuk menampilkan informasi detail tentang packages.
  9. pkg list-installed - berfungsi untuk menampilkan daftar packages atau aplikasi didalam Termux yang terinstall di termux mu.
  10. pkg files -untuk melihat lokasi files packages diinstall
  11. pkg list-all -untuk menampilkan semua package yang disediakan di repositori.
  12. pkg upgrade - berfungsi untuk upgrade package yang terinstall di termux
  13. clear -Perintah dasar ini digunakan untuk membersihan jendela console
  14. pwd -pwd (print working directory), digunakan untuk melihat posisis lokasi directory saat ini.
  15. ls -digunakan untuk melihat /list file dan directory. gunakan ls -la untuk melihat informasi detail dari file dan folder
  16. cd - digunakan untuk nevigasi/pindah ke directory lain yang kita inginkan , gunakan cd - untuk kebali ke 1 tingkat directory , gunakan cd ~ untuk menuju ke home directory
  17. cp - berfungsi untuk mengkopi/nyalin File dan Folder .
  18. cp -avr /folder-asal /folder-tujuan untuk mengkopi folder dan isinya
  19. mv -Digunakan Untuk memindahkan file dan folder tau bisa digunakan untuk merename jika file /folder mempunyai asal dan tujuan yang sama
  20. rm -Digunakan untuk menghapus File.
  21. rm -rf namaFolder untuk menghapus folder dan isinya.
  22. rmdir - Digunakan untuk menghapus Folder kosong .
  23. rmdir - ignore-fail-on-non-empty namafolder untuk menghapus folder yang tidak kosong
  24. chmod - Digunakan untuk mengubah File /folder permission/privilage.
  25. chmod +x namaFolder untuk merubah permisin ke 775 atau rwx–x–x
KESIMPULAN
Termux hanyalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses shell linux di androidmu,termux bukan hanya digunakan sebagai alat hacking,lebih dari itu termux bisa digunakan untuk tujuan lain sesuai dengan keahlian komputer pemakainya.

Rincian Aplikasi Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux

Nama Aplikasi : Termux untuk Android
Versi Aplikasi : 5.0
Ukuran Aplikasi : 9 MB+
Android Minimal : 5.0+

Cara Install Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux

  1. Pertama silahkan Download aplikasi 
  2. Selanjutnya masuk pada menu pengaturan, security, centang Unknown Source / Sumber Tidak Dikenal.
  3. Jika Anda bingung maka silahkan buka disini KLIK
  4. Tunggu proses install sampai selesai.
  5. Selesai, dan Anda dapat membuka Termuxnya

DownloadW Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux

Download Termux (PLAYSTORE
Download Termux (APK) coming soon

Demikian pembahasan mengenai Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala saat menginstall dan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menghubungi kami DISINI. kenyamanan Anda adalah kebanggaan saya. Terima kasih

Rate This Article

Thanks for reading: Terminal Emulator (Termux) di Android Seperti CMD di Windows dan Linux, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

Post a Comment

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas. Kritik dan saran yang positif dari Anda adalah kebanggaan Saya.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.